Jumat, 22 Oktober 2010

Kiat Memilih Pakaian Bayi

APA SAJA PAKAIAN BAYI YANG PERLU DISEDIAKAN



Untuk 6 bulan pertama sediakan pakaian seperti baju terusan, baju tidur, baju untuk anak sehari-hari, baju lengan panjang, kaus kaki dan topi. Pilihlah bahan yang tidak mudah rusak jika sering dicuci, menyerap keringat dan sejuk. Juga pilihlah ukuran yang sesuai dengan bayi anda.

Teknik Mengenakan Pakaian Bayi 

Kenakan pakaian bayi dalam ruang tertutup. Sebab ia menangis bila terkena angin. Bujuklah dia dengan lembut untuk menenangkan dan memberi rasa nyaman. Mengganti pakaian akan menjadi lebih mudah bila dilakukan dengan sabar dan tidak kasar. Baringkan bayi di alas yang rata.Peganglah bajunya , buka bagian lehernya lebar-lebar. Letakkan bagian belakang di puncak kepalanya. Masukkan baju ke kepalanya , tarik sampai ke pipinya . Buka lebar lengan baju, masukkan tangannya satu-satu. Lalu tariklah baju sampai ke bawah. 

Teknik Membuka Baju Bayi

Baringkan bayi, tarik bajunya ke atas. Tekuk sikunya dan keluarkan lengannya satu-satu. Pegang bajunya, lebarkan agar tidak menutupi wajahnya. Selipkan tangan anda ke bawah leher dan kepalanya dan angkat sedikit. Lalu loloskan baju dari kepalanya. Catatan : Anda lebih mudah melepaskan baju bayi dibaringkan diatas alas yang rata daripada di pangkuan bayi. 

Mengenakan Baju Terusan

Lepaskan semua kancing baju, letakkan baju diatas alas dengan posisi siap pakai. Baringkan bayi diatasnya. Masukkan kakinya dulu, satu-satu ke dalam kaki celana. Masukkan telapak kaki sampai ke ujungnya , lalu tarik kaki celana sampai ke selangkang. Pegang lengan baju, regangkan lebar-lebar. Masukkan tangannya satu-satu. Tariklah baju sampai ke bahu lalu pasang kancingnya. Leher bayi harus tepat diatas leher baju. 

Cara Melepas Baju Terusan

Buka semua kancing baju , lalu keluarkan kaki bayi satu-satu. Anda harus hati-hati agar jangan sampai jari kaki bayi tersangkut. Pegang siku bayi dari dalam baju, lalu keluarkan. Jaga agar siku lengan bayi tetap bengkok. Hati-hati, jangan sampai terpegang jari-jari tangan bayi. Angkat kepala dan leher bayi, lalu tariklah baju dari bawah tubuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Join Facebook